Prodi Teknik INformatika

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA  FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MPU TANTULAR

 

1.1 Sejarah Singkat

Program Studi (PS) Teknik Informatika – Fakultas Teknik – Universitas Mpu Tantular berdiri tanggal 12 September 1997 yang ditandatangan oleh Pejabat Pembukaan Program Studi Pertama kali oleh Prof. Dr. Boesjra Zahir sebagai Koordinator Kopertis III. Dan berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) Nomor : 1914/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2022 menyatakan bahwa Program Studi Teknik Informatika, Pada Program Sarjana Universitas Mpu Tantular, Kota Jakarta Timur memenuhi syarat peringkat “AKREDITASI BAIK” terhitung sejak 21 Maret 2022 sampai dengan 21 Maret 2027 (terlampir). 

Kareditasi Prodi Teknik Informatika

 

1.1 Pengembangan Kurikulum

Pengembangan kurikulum didasarkan pada beberapa peraturan dan perundang-undangan. Dua yang utama adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti) dan Undang-Undang  Nomor  12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 Pasal 35 ayat 1 menyatakan bahwa penyusunan kurikulum harus mengacu kepada standar nasional.

Selain dua kebijakan tersebut, penyusunan kurikulum ini, juga dilandasi Perpres No. 8 Tahun 2012 tentang KKNI. Sistem pembelajaran dilaksanakan dengan metode Student Centered Learning (SCL) dimana interaksi pembelajaran dilakukan dalam 4 ranah, yaitu: (1) ranah kognitif, yaitu kemampuan yang berkenaan dengan pengetahuan, pikiran; (2) ranah afekif, yaitu kemampuan yang mengutamakan perasaan, emosi yang berbeda berdasarkan penalaran; (3) ranah psikomotorik, yaitu kemampuan yang mengutamakan keterampilan jasmani, dan

(4) ranah kooperatif, yaitu kemampuan untuk bekerja sama.

Sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran berbasis SCL, PS. Teknik Informatika menerapkan konsep Blended Learning dimana proses pembelajaran dilakukan dengan tatap muka langsung (traditional learning) dan menggunakan sistem E-learning (online learning).

Kurikulum Program Studi Teknik Informatika  mengacu pada Naskah Akademik Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) bidang Ilmu Informatika dan Komputer oleh APTIKOM. Capaian pembelajaran lulusan (CPL) adalah penggambaran hasil pembelajaran peserta didik yang telah dicapai selama pembelajaran yang sesuai dengan profil program studi. Sesuai dengan SN DIKTI yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 3 Tahun 2020, rekomendasi APTIKOM dan rekomendasi ACM-IEEE 2013, capaian pembelajaran Program Studi Teknik Informatika  mengacu pada 4 kompetensi yaitu kompetensi Sikap (S), Pengetahuan (P), Ketrampilan Umum (KU), dan Ketrampilan Khusus (KK). Keempat kompetensi tersebut kemudian diimplementasikan menjadi 144 SKS yang harus ditempuh mahasiswa pada kurikulum konvensional. Sama seperti kurikulum konvensional, melalui kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, keempat kompetensi tersebut juga diimplementasikan menjadi 144 SKS.

 

Visi, Misi dan Tujuan Program Studi Teknik Informatika 

1.1 Visi

Menjadi Program Studi Teknik Informatika Ternama di Indonesia Tahun 2031 yang Unggul, mandiri, dan berbudaya dalam penyelenggaraan pendidikan di tingkat nasional. 

Program Studi (Prodi) Teknik Informatika telah melakukan peninjauan kembali Visi Misinya pada tahun 2019, yang hasilnya adalah menekankan nilai-nilai berikut pada pernyataan “Ternama” dengan SK Rektor tahun 2017.

 

1. Berstandar Mutu Perguruan Tinggi

Menjadi Program Studi Teknik Informatika yang melaksanakan standard mutu perguruan tinggi strata 1, level 6 sesuai KKNI.

2. “Unggul”        

Nilai-nilai unggul dimaksudkan dengan tujuan lulusan Program Studi Teknik Informatika memiliki kompetensi dalam Software Engineering, Networking dan Teknik Multimedia bidang teknologi informasi, integritas yang tinggi serta memiliki kreasi dan inovasi yang tangguh secara mandiri. Lulusan Program Studi Teknik Informatika bukan hanya mudah mendapat pekerjaan tetapi juga mampu menciptakan lapangan pekerjaan (kewirausahaan).

3. Berkarakter “Mpu Tantular”  

Lulusan Program Studi Teknik Informatika Mpu Tantular memiliki jiwa kewirausahaan  dengan karakter Mpu Tantular, yakni teguh, pantang menyerah, dan berjiwa nasionalis dengan spirit Bhineka Tunggal Ika. 

 

1.4. Misi

  1. Menyelenggarakan program pendidikan tinggi di bidang Teknik Informatika yang berdaya guna secara konsisten dalam bidang Software Engineering, Networking dan Teknik Multimedia. 
  2. Melaksanakan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang mampu mengembangkan diri dalam bidang Teknik Informatika.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu merancang bangun sistem informasi dan menganalisis secara profesional.

 

1.5 Tujuan

  1. Meningkatkan kualitas pendidikan yang mampu mengantisipasi perkembangan teknologi dalam bidang Teknik Informatika.
  2. Meningkatkan wawasan secara informatif terhadap teknologi baru yang dibutuhkan masyarakat pengguna dalam bidang Teknik Informatika .
  3. Mampu merancang bangun sistem informasi yang tepat guna.

LULUSAN

1.6  Profil Lulusan

Berdasarkan Peta Okupasi nasional bidang TIK yang disahkan oleh Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika tanggal 27 Juli 2017 dengan Nomor 172/KOMINFO/BLSDM/KS.01.07/7/2017, Program Studi Teknik Informatika  menetapkan 20 profil lulusan pada  8 area fungsi, seperti terlihat pada Tabel berikut ini.

 

Tabel  Profil Lulusan Program Studi Teknik Informatika  Fakultas Teknik Universitas Mpu Tantular

KODE PROFIL

NAMA PROFIL LULUSAN

AREA FUNGSI

KETERANGAN

PL1

DATA MODEL ADMINISTRATOR

DATA MANAGEMENT SYSTEM

Aspek ini berkaitan dengan kemampuan seorang individu dalam merancang, membangun, dan mengimplementasikan sistem basis data dan/atau informasi (konten digital). Ruang lingkup dan jenis model database dimaksud beraneka ragam, seperti berbasis struktur, relasional, objek, dan lain sebagainya. Termasuk di dalam domain ini adalah kemampuan mengolah data tidak terstruktur seperti yang dikembangkan dalam konsep big data dan business intelligence.

PL2

DATABASE ADMINISTRATOR

PL3

PENGEMBANG WEB

PROGRAMMING AND SOFTWARE DEVELOPMENT

Aspek ini berkaitan dengan kemampuan seorang individu dalam merancang, mendesain, mengkonfigurasi, dan membuat perangkat lunak (soCware) maupun aplikasi yang dijalankan/dioperasikan dalam lingkungan komputer, piranti digital, maupun jaringan.

Spektrum kemampuan ini berhubungan erat dengan metodologi atau life cycle pembuatan perangkat lunak, yaitu: perencanaan, perancangan, pemrograman, pengujian, perbaikan, penerapan, dan penilaian. Disamping itu, aspek ini berkaitan pula dengan kemampuan seorang individu dalam membuat atau mengembangkan program komputer yang dapat dijalankan dalam berbagai lingkungan komputasi (standalone maupun network), baik menggunakan bahasa tingkat rendah (low level language) hingga tingkat tinggi (high level language) – baik yang bersifat terbuka (open source) maupun tertutup (proprietary).

PL4

PEMROGRAM KEPALA

PL5

ANALIS PROGRAM

PL6

PEMROGRAM OBJEK

PL7

PEMROGRAM BASISDATA

PL8

SOFTWARE ENGINEER

PL9

BUSINESS ANALYST

PL10

BUSINESS SERVICES ANALYST

PL11

NETWORK ADMINISTRATOR

NETWORK AND INFRASTRUCTURE

Aspek ini berkaitan dengan kemampuan seorang individu dalam merancang, membangun, mengoperasikan, dan mengawasi berbagai komponen teknis jaringan infrastruktur dan telekomunikasi. Yang dimaksud dengan infrastruktur telekomunikasi di sini adalah medium transmisi atau koneksi berbasis digital/elektronik, yang beroperasi melalui darat (terestrial), laut (kabel laut), maupun udara (satelit).

PL12

NETWORK DESIGNER

PL13

IT PLANNING ANALYST

INFORMATION SYSTEM AND TECHNOLOGY DEVELOPMENT

Aspek ini berkaitan dengan kemampuan seorang individu dalam merencanakan, merancang, membangun, mengujicoba, menerapkan, mengembangkan, menilai, dan mengendalikan sistem informasi. Sistem informasi pada dasarnya dibangun oleh sejumlah